Senin, 27 Februari 2023

BUSINESS REPORT

 BUSINESS REPORT MILLE CREPES



                                           PENDAHULUAN

 

1.1       LATAR BELAKANG

Ketika membangun sebuah bisnis, disarankan untuk memulainya dengan perencanaan yang matang. Setiap perencanaan yang dilakukan merupakan penyusunan langkah agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bisa menghindari resiko kegagalan.

          Business plan merupakan ide perencanaan suatu bisnis yang tertuliskan dalam suatu dokumen. Business plan berisikan konsep, tujuan ,sasaran, dan target bisnis. Penyusunan business plan yang matang dapat membantu agar produk lebih laku di pasaran.

 

 

1.2    TUJUAN

1.   Untuk mengetahui apakah selama penjualan mengalami keuntungan

2.   Untuk mengetahui apakah selama penjualan mengalami kerugian

3.    Untuk mengetahui statistika penjualan produk

 


  ISI

 

A.   Deskripsi Penjualan

 

1. Produk yang sudah terjual :

   Sebelum bazar = 40 pieces

   Saat bazar = 23 pieces

   Total keseluruhan = 40+23  = 63 pieces

 

 

2. Penambahan Omset :

    Pada penjualan sebelum bazar omset yang dikeluarkan sebesar Rp140.000,00,untuk menambah kenaikan omset kita memutuskan untuk menambahkan 2 rasa baru yaitu coklat dan cookies and cream yang menambah omset sebanyak Rp 15.000

 

 

B. Laporan Keuangan

 

     Sebelum bazar :

 Laba kotor yang didapat di penjualan pertama pada  tanggal 12 Febuari 2023 sebesar Rp400.000 dengan terjualnya 32 pcs mille crepes dengan harga 12.500

 

Perhitungan Laba bersih:

400.000 – 140.000 (modal) = 260.000

260.000: 4 ( anggota) = 65.000 ; laba bersih/ orang

 

     Saat bazar :

 Laba kotor yang didapat di penjualan pada saat bazar sebesar Rp 299.000 dengan terjualnya 23 pcs mille crepes dengan harga 13.000

 

Perhitungan Laba bersih:

299.000 – 120.000/ 3 loyang (modal) {rasa yang bervariasi} = 179.000

179.000: 4 ( anggota) = 45.000 ; laba bersih/ orang

 

 

 

C. Statistika Penjualan

 

                                               



 

Pada grafik diatas, penjualan produk kami turun bukan karena tidak laku. Melainkan karena kurang waktu dalam pembuatan produk untuk bazar. Alhasil jumlah produk yang dapat kami produksi turun dan angka penjualan juga ikut turun.

 




D. Kesimpulan:

-              Penjualan terlaksana sesuai ekspetasi dan tidak menyangka dalam durasi tidak lama produk di bazar sold out sesuai ekspetasi.

-              Penjualan ini jika terus dilanjutkan mungkin akan mempunyai peluang yang besar, karena melihat besarnya peminat mille crepes saat ini.

E. Saran:

    Jika penjualan mille crepes dilanjutkan akan membuat promo yang lebih rame melalui media sosial (tiktok,instagram,twiter,dll),promosi dengan diskon harga yang lebih murah,dan yang terakhir mengeluarkan beberapa rasa baru

F. Dokumentasi:

- Pelaksanaan bazar

 


 



- Proses Pembuatan



-Pemesanan PO

-Testimoni






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Mille Crepes Template designed by Juvmom - Sesukamu